Minggu, 26 September 2010

Hidup itu Perlu Rencana

Seorang teman berkata padaku “sesuatu yang tidak direncanakan biasanya akan lebih terlaksana, makanya aku tidak merencanakan sesuatu untuk memulai sebuah acara”. Kalimat ini bukan kali pertama aku dengar, tapi entah mengapa kali ini aku merasa agak terusik dengan prinsip seperti ini.

Tidak tahu kenapa sampai detik ini orang-orang yang berprinsip seperti itu orang yang tidak/belum sukses. Belum ada orang sukses yang saya temui dalam hidup ini menjalani hidup tanpa perencanaan. Mungkin memang suatu hari nanti orang tanpa perencanaan akan sukses. Namun, tetap saja tidak akan sesukses orang penuh perencanaan.

Mungkin benar, ada BANYAK acara tanpa rencana yang berhasil . Namun, ada LEBIH BANYAK acara dengan rencana yang berhasil.

Manusia punya rencana, Tuhan menentukan. Jika manusia sendiri tidak punya rencana,bagaimana tuhan mau menentukan.

Jika ada suatu rencana, nonton misalnya, dapat berjalan sukses padahal direncanakan 1jam sebelum film dimulai. Hal itu dapat terjadi karena pihak yang diajak tidak diberi kesempatan untuk menolak. Lalu kenapa hal itu bisa terjadi terus menerus?? Tentu saja karena pihak yang diajak memang tipe orang sama, orang tanpa perencanaan. Lain halnya jika kita mengajak orang yang penuh perencanaan, 1 atau 2 kali mungkin bisa berjalan. Untuk ke 3 kalinya, jangan harap.

Seperti halnya hidup, manusia mempunyai kecenderungan lebih dekat dengan orang yang mempunyai cara pandang sama. Itulah mengapa jenis orang tanpa perencanaan merasa nyaman dengan orang tanpa perencanaan dan orang penuh perencanaan juga merasa nyaman dengan orang penuh perencanaan.

Yuk ,merencanakan sesuatu dari sekarang. Pindahan dari zona “tanpa perencaan” ke zona “penuh rencana”. Tidak ada salahnya merencanakan sesuatu yang memberikan manfaat buat diri kita, tapi jika kita hanya mau menunggu kesempatan. Mau sampai kapan??

2 komentar:

  1. aku tipe manusia tanpa perencanaan, karna aku ga mau menghabiskan waktuku untuk membuat rencana, dan aku juga ga mau merasa kecewa karna merasakan gagalnya sebuah rencana hidup adalah apa yang terjadi disaat kita sibuk membuat rencana. L.N

    BalasHapus
  2. kenapa kamu menghabiskan waktu untuk membuat rencana jika kamu bisa menghabisakan waktu dengan mewujudkan rencana??
    membuat rencana tidak selalu sibuk...justru kita akan sibuk disaat apa yang kita inginkan harus terhambat dan membenahi apapun itu karena dilakukan tanpa rencana yang matang.

    BalasHapus